Selasa, 09 Agustus 2011

Dari Jagung Menjadi "Lepet"

Hari Minggu (10/07), tim KKN-PPM UGM Unit 175 Sub unit Serut melakukan simulasi pembuatan lepet jagung bersama perwakilan PKK dan pemuda. Mengapa lepet jagung? Selama ini tidak banyak masyarakat yang tertarik mengkreasikan jagung sebagai komoditas yang bernilai jual. Padahal jagung menjadi salah satu potensi di Dusun Serut. Sebagaimana cerita dari warga pada umumnya, pasca panen masyarakat lebih suka menjual jagungnya secara mentah. Atau kalau pun mereka berniat untuk mengkonsumsi sendiri, maka jenis makanan yang dihasilkan juga terkesan biasa, standar, dan bahkan tidak disertai niat untuk memasarkannya. Cerita ini menjadi daya tarik tersendiri bagi tim KKN-PPM UGM untuk memotivasi masyarakat untuk mengkreasikan produk makanan dari jagung. Salah satu resep yang diunggulkan dalam program ini adalah “lepet jagung”.
Acara simulasi pembuatan lepet jagung bertempat di kediaman Ibu Suginem RT.01 Dusun Serut. Sebenarnya resep “lepet jagung” tidak asing lagi, hanya saja tidak banyak warga yang tertarik untuk membuat lepet jagung. Padahal proses pembuatan lepet jagung ini tergolong relatif mudah.

Bahan-bahan
(untuk 20 porsi)

6 buah jagung muda
150 gram kelapa parut
100 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam

Cara membuat
Bahan yang harus disiapkan meliputi jagung muda, gula pasir, garam, dan kelapa yang sudah diparut. Usahakan dalam proses pengupasan jagung, kulit jagung (klobot) tidak rusak karena akan digunakan sebagai pembungkus adonan. Kemudian klobot dicuci hingga bersih dan dikeringkan. Selanjutnya, jagung muda disisir kemudian bisa diuleg atau dihaluskan menggunakan blender. Jagung yang sudah lumat kemudian dicampur dengan parutan kelapa, gula, dan garam dengan komposisi secukupnya. Kemudian, ambil 2 lembar kulit jagung, lalu letakkan 2 sendok makan adonan tadi, gulung hingga menyerupai jagung kecil, ulangi hingga bahan habis. Setelah itu, adonan dikukus selama kurang lebih 30 menit hingga matang, kemudian setelah dingin dapat disajikan. Silakan mencoba. (DF/SRT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar